Mengaktifkan Internet Dengan Modem HP Nokia 6300, Kartunya IM3

nokia-6300 n usbOke teman,

Maaf sebelumnya. Tulisan ini aku khususkan buat yang masih kerepotan dalam mengaktifkan koneksi internet dengan menggunakan modem hp nokia 6300 di mana kartu yang di gunakan adalah kartu IM3 (mumpung murah, ya nggak bro ^^). Aku tulis ini karena terus terang awalnya pas aku baru pertama kali pakai kartu IM3 aku sangat kebingungan, kerepotan, kurang sabar, dll (alah…) dalam men-setting pengaturan-pengaturan konektivitas yang ada dalam ponselku, nokia 6300.

Langsung saja, setelah setelah aku mendapatkan informasi tentang apa dan bagaimana layanan internet yang digunakan dalam kartu IM3, aku langsung test drive layanan itu (yang paling menggiurkan adalah layanan internetan selama 4 jam cuman pake budget Rp.5000 ), dan jadilah tutorial ini.

Jadi setahuku, dari beberapa teman – teman, ada dua pilihan dalam menggunakan layanan internet dari kartu IM3, yaitu:

  1. Layanan internet Rp 100 per menit dengan pulsa standard (ditulis standard soalnya susah ngungkapinnya, hehe . . .padahal maksudnya reguler).
  2. Layanan internet dengan pulsa internet senilai Rp 5000 yang dapat digunakan selama 250 menit.

Dari kedua layanan tersebut aku hanya menitik beratkan pada layanan ke – 2. Mengapa demikian? Karena kamu tidak mungkin memilih layanan yang pertama. Ya kan?!

Langsung saja, ini pengalamanku.

Setelah kartu IM3 mu aktif, langsung saja ketik pesan (SMS) durasi (spasi) merek hp (spasi) no seri hp dan kirim ke 3000. Tunggu sampai kamu mendapatkan sms notifikasi dari 3000 yang berisi tentang kode yang harus dimasukkan saat pengaturan konfigurasi hp (kodenya 1111). Beberapa saat kemudian, kamu akan mendapatkan settingan konfigurasi dari IM3 dan umumnya akan di minta kode aktifasi (1111). Berikutnya, masukkan kode tersebut dan langsung aktifkan (indosatgprs-durasi) dengan memberikan tanda centang di kotak settingan yang telah di sediakan di sebelah tulisan indosatgprs-durasi. Setelah settingan tersebut aktif, ikuti langkah ini :

  1. Buka menu web pada menu ponsel nokia 6300 mu
  2. Masuki submenu pengaturan (gambar kunci tapi bukan kunci rumah)
  3. Di situ kamu harus memastikan pengaturan web yaitu dengan memasuki tulisan pengaturan konfigurasi.
  4. Ubah konfigurasi dan account dengan mode indosatgprs@durasi (jika belum).
Kabel data untuk nokia 6300

Kabel data untuk nokia 6300

Setelah 4 langkah di atas selesai, silakan hubungkan hp (nokia 6300) ke laptop dengan menggunakan usb yang telah tersedia dengan catatan dalam PC ataupun Laptop telah terinstal Nokia 6300 PC suite. Jika belum, silahkan kunjungi situs ini dan download PC Suite Nokia 6300.

nokia 6300

Setelah ponsel terhubung ke dalam PC ataupun laptop maka akan muncul 3 mode dalam layar ponsel, yaitu modus nokia, pencetakan data, dan penyimpanan data. Silahkan pilih mode yang pertama (modus nokia), masuki (double klick) Nokia PC Suite, dan sekarang silahkan ikuti langkah berikut :

Pilih menu hubungkan ke internet pada Nokia PC Suite anda

  1. Langsung saja anda klik pada gambar kunci (Konfigurasi).
  2. Pilih Nokia 6300 USB Modem
  3. Pilih Konfigurasi sambungan secara manual
  4. Pada titik akses isiskan indosatgprs
  5. Pada nama pengguna dan password isikan indosat@durasi
  6. Klik tanda centang dan mulailah untuk menghubungkan PC atau laptop ke internet dengan cara meng-klik hubungkan

Tunggu beberapa saat maka kamu akan terhubung dengan internet. Setelah itu, silahkan gunakan waktu seefisien mungkin karena bisa jadi setelah berhasil kamu akan ketagihan dengan layanan yang satu ini.

Contohnya aku, besok ada ujian KIMIA ORGANIK tapi hari ini masih asik dengan internet menggunakan modem Nokia 6300. Selamat menikmati layanan yang menggairahkan ini. BE WISE OF TIME.

36 thoughts on “Mengaktifkan Internet Dengan Modem HP Nokia 6300, Kartunya IM3

  1. chopie says:

    Wah…makaseeeeeeeeeee mas dinar..!!!
    Aku sempet ribet juga kayak kamu mpe akhirnya aku mutusin buat browsing, eh nemu jugaaa…!!
    Ngomong – ngomong kok blognya mase cepi ya, baru yah..hehe^^

    • dinarardy says:

      oh gitu, udah pake beragam internet connection accelerator lom?
      coba pke cFosSpeed, zilla internet connection accelerator, google gear, Speed Connect Internet Accelerator, or yang laen dah, hehe, aku sih gitu . . .
      ohiya, cara ngenet pke m3 gratis masih di rilis, n terbit bulan agustus,
      makasih kunjungannya, dinarardy siap mengunjungi anda!

    • dinarardy says:

      met pagi aja deh (soalnya aku buka ini pagi, hehe),
      Iya sama2, makasih juga udah mau berkunjung ke blog yang seadanya ini.

      Klo kamu suka sama konten ini, kunjungi juga situs ini untuk sedikit belajar bisnis.

      Postingan ini cukup mendukung buat kamu belajar bisnis internet, hehe promosi dikit muup.

      Ini website baruku.

      Silahkan baca juga artikel ngenet gratis pake kartu im3, UNLIMITED!! (waktunya doang,hehe..)

  2. dinarardy says:

    PENGUMUMGAN

    Ada yang copy paste tutorial ini. Jika ada sebagaian atau seluruhnya dari teman – teman yang menemukan tutorial serupa di blog orang lain, saya atas nama dinarardy.wordpress.com mohon bantuannya untuk sekedar mengingatkan saja.

    Terimakasih banyak ya teman – teman!

  3. Thiwie says:

    Koq, aku coba blm bisa2 ya Mas.
    Ngenet gratisan pke M3.
    Cara2’y dah aku iktin smw. Pa msh da yang kurang sesuai ya.
    Aku dah smpe “Access was denied”. Tapi pas msuk mozilla, jawaban’y “Network timeout” atau http://www.google.com taking too long ……
    Knp ya Mas?
    Dah aku coba connect lwt hp langsung “Tidk ada jalur akses” kt’y.
    Tlg bntu ya Mas!
    Thx

  4. dinarardy says:

    @Lia :
    Jawaban sudah ku tulis pada bahasan yang semestinya.

    @Thiwie :
    Oh, kalau masalah seperti itu, sudah jelas erat hubungan dengan masalah koneksi di tempat Tiwi sendiri. Kalo Tiwi bener udah ikuti semua, aku bisa jamin gak ada yang salah. Nah, kalo masalah lewat hape, ternyata lewat hape nokia 6300 sendiri itu belum bisa untuk di coba, selalu ada tulisan tidak ada jalur akses. Kasus kita sama, tapi untuk seri yang lebih tinggi baru bisa, aku juga kurang ngerti apa sebabnya.
    Nah, mending sekarang Tiwi coba lagi dan semoga koneksi yang ada seperti yang diharapkan. Jangan pernah menyerah, lihat aja comment2 yang ada dibahasan Ngenet Gratis Pake Kartu IM3, mereka udah pada bisa tuh, pernah ada yang komplen tapi akhirnya bisa juga kok. Jadi…

    LANJUTKAN PERJUANGANMU TIWI :D!

  5. dinarardy says:

    @Faisal :
    Udah coba belom pake cFosspeed?
    Ini alamat blog yang menyediakan link downloadnya, silakan kmu baca2 dulu infonya tentang software itu. Alamat blognya.
    Ntar di situ ada alamat downloadnya, langsung klik ajah. Trus, buat antisipasi klo kmu ada kesulitan buat download, aku udah kirim ke attachment email kmu.
    Selamat mencoba!

  6. shubit says:

    Aku udah jalanin pake pc suite, tapi pas mau hubungkan..ada box “pick up headset to dial…”
    dial number : *99*#
    selanjutnya lupa.
    Apa maksudnya dan gmn solusinya.

  7. fahrana says:

    tolong tampilkan artikel mengenai setting hp jadi modem nokia 6300 secara manual, dimohon secepatnya karena tugas dari guru terimakasih

  8. dinarardy says:

    @semua complainer :

    tips ini masih berlaku, dan masih mulus saya coba di rumah. tidak ada settingan lain selain yang sudah saya tuliskan itu.

    @fahrana :

    maaf saya baru onlen ini setelah berkutik dengan tugas kuliah yang menggila. aduh saya kurang ngerti maksud kamu nih, klo masih ada waktu untuk kerjain tugas kamu, klo bisa tulis lebih jelas, maaf ya .. hehe🙂

  9. yohanda says:

    saya memiliki laptop acer 4741z dan mmiliki handphone nexian nx-g522, saya ingin bertanya bagaimana cara mengunakan handphone saya untuk dijadikan modem pada acer saya dan gimana langkah langkahnya serta bahan yang diperlukan… trims

    • dinarardy says:

      @yan’s:
      bisa juga sih pake xl, pake kartu apapun juga bisa sbenarnya. tergantung ada promo apa enggak dari kartu itu. kalo g ada promo, ntar yang kepake pulsa utamanya, kan sayang mahal.😦
      jadi mending cari info promo internetan pake xl aja, soalnya aku g pernah pake xl, hehe, selamat berjuang ^^

Leave a Reply

