Plugin WordPress Yang Wajib Diinstal

WordpressKetika harus dihadapkan dengan penyedia layanan blog lain, banyak yang beranggapan bahwa wordpress adalah penyedia layanan blog yang paling kaku. Artinya fleksibilitas dalam kustomisasi sangat dibatasi. Bahkan yang versi berbayar pun juga demikian. Tapi tunggu dulu, tidak sebegitunya juga. Faktanya, asal kamu tahu, pengguna wordpress sebenarnya sangat banyak dimanjakan dengan aneka plugin yang tersedia demi kemudahan menjalankan aktivitas blogging.

Mari sejenak kita bandingkan dengan blogspot. Blogspot sangat memanjakan penggunanya dengan kebebasan dalam mengekspresikan masing-masing kreatifitas blogger. Namun, dapat kita tangkap kemungkinan terburuknya adalah bahwa jika seorang blogger tidak memiliki skil tinggi dalam pengoperasian kode HTML/CSS/PHP/JavaScript sudah barang tentu blogger tersebut tidak akan berkembang. Postingannya tidak akan pernah mendapat apresiasi, bahkan tidak akan pernah bisa ditemukan oleh peradaban manusia.

Pendapat sebaliknya mengatakan wordpress tidak hanya berfokus pada tampilan blog melainkan fungsi dari blogging itu sendiri. Apa itu? Ya tentunya kemudahan sebuah artikel untuk bisa ditemukan oleh pembaca. Sebuah blog dengan tampilan yang sangat menawan namun sepi pengunjung sama saja ibarat berpidato di pemakaman. Begitu pula, blog yang sangat mudah ditemukan pembaca namun tampilannya melelahkan mata, juga tidak jauh berbeda.

WordPress menyediakan banyak plugin bagi para user untuk bisa menemukan kondisi blog seperti yang user inginkan. Tinggal search plugin, instal, dan buzz! jadilah apa yang dia harapkan.

Perlu diperhatikan bahwa plugin yang disediakan bagi para user dibuat oleh programmer yang sangat kompeten di kelasnya. Terutama yang mengotak-atik masalah pencarian oleh search engine. Jadi jangan kaget jika search engine lebih mudah menemukan blog yang berbau wordpress.

Dari sekian banyak plugin yang tersedia bagi user WordPress, aku hanya akan memberitahukan beberapa jenis yang aku rasa akan sangat krusial bagi blog/website WordPress. Jadi apa saja plugin yang harus kamu instal di WordPress versi berbayar? Ini dia:

All in SEO Pack
Secara otomatis membuat “on page optimization” bagi sebuah situs sehingga akan semakin mempermudah sebuah website terindex/ditemukan search engine.

Go Codes
Secara otomatis merubah link URL yang tadinya panjang dan njlimet menjadi enak dibaca dan mudah untuk diingat. Sangat cocok bagi para internet marketer yang bergerak di bidang bisnis affiliasi.

Google XML Sitemaps
Secara otomatis membuat Sitemaps XML dan submit situs milikmu ke search engine. Keren kan!

WP Spam Free
Secara otomatis mem-block komentar-komentar yang berbau spam sehingga tidak membuang banyak waktu hanya untuk mengatasi spamming.

Lihat, semuanya otomatis bro!

Sekali lagi, ini hanya saran dariku. Untuk mendownload plugin-plugin yang telah aku sebutkan, silakan kunjungi wordpress.org. Langsung ketikkan nama dari plugin di atas satu-persatu di kotak pencarian. Kalau sudah ketemu, tinggal download, lalu upload ke wordpress milikmu, dan langkah terakhir aktifkan plugin. Sempurna!

Aku sudah coba untuk website wordpress berbayar. Dan terbukti ampuh, dalam 1-3 hari, posting artikel langsung ditemukan oleh mesin pencari. Ok, selamat mencoba, jangan lupa komentarnya ya. Terimakaasih sudah mampir kemari.

2 thoughts on “Plugin WordPress Yang Wajib Diinstal

  1. winamp_03 says:

    Trims atas infonya…jadi mau upgrade jadi dot com nih blognya…yang sekarang yahyakantumblog.wordpress.com sudah lumayan sih. Grade di Alexa 2,5 juta…^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s