Penggunaan Ain’t, Gotta, Gonna, dan Wanna Dalam Bahasa Inggris

Morning friends! How have you been? I’ve been doing great, I hope so for you. Ok, let’s start discussing.

Tidak jarang saat kita belajar Bahasa Inggris menemukan beberapa singkatan yang cukup jarang kita dengar. Paling sering kita jumpai adalah ketika kita membaca lirik lagu dalam Bahasa Inggris. Di sini aku hanya akan membahas mengenai ain’t, gotta, gonna, dan wanna. Untuk gonna dan wanna, meskipun agak jarang kita gunakan, tapi mungkin lebih familiar di banding kedua singkatan lainnya.

1. Ain’t

Ain’t biasa digunakan untuk menyingkat auxiliary for adjective (kata bantu untuk kata sifat) dalam bentuk negatif, seperti is not, am not, are not. Bisa juga untuk menyingkat have not, dan has not.

Sekali lagi aku tekankan bahwa singkatan ini bukanlah singkatan yang lazim digunakan untuk bahasa bentuk baku. Jadi bagaimana aplikasinya? Ini dia:

Tidak baku: My Princess, honestly I ain’t too fond of looking into girl’s eyes, unless yours (sejujurnya, aku tidak begitu suka menatap mata perempuan, kecuali milikmu). Baku: I am not too fond of looking into girl’s eyes, unless yours. Begitu juga dengan 2 singkatan lainnya.

2. Gotta

Gotta merupakan singkatan dari kata got to. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, kata ini biasanya digunakan untuk menyatakan suatu keharusan yang cukup mendesak. Ini dia aplikasinya:

Tidak baku: You gotta go now or you’ll be an everlasting prisoner in my heart (kamu harus pergi sekarang atau kamu akan menjadi tahanan abadi di hatiku). Baku: You got to go now or you’ll be an everlasting prisoner in my heart. Sangat mendesak bukan? Hahaha.

3. Gonna

Singkatan ini lumayan sering dipakai dalam percakapan. gonna berasal dari going to, yang berarti “akan” melakukan sebuah kegiatan yang sudah direncanakan. Sebelum penggunaan, umumnya diawali dengan to be/is am are. Bingung? Langsung saja ke contoh aplikasinya:

Tidak baku: I’m gonna lay my soul by your shade tonight (aku akan merebahkan jiwaku bersama bayangmu malam ini). Baku: I’m going to lay my soul by your shade tonight.

4. Wanna

Tidak usah ditanya lagi, kalian pasti juga sering memakai singkatan ini bukan? Bukaan (lho). Wanna merupakan singkatan dari want to yang berarti “ingin” atau want a yang berarti “ingin satu”. Bagaimana aplikasinya? Mari kita lihat:

Tidak baku: I wanna see your smile to save my heart from the infinite darkness (aku ingin melihat senyumanmu untuk menyelamatkan hatiku dari kegelapan yang tak terhingga). Baku: I want to see your smile to save my heart from the infinite darkness.

TIdak baku: I wanna glass of affection from you (aku ingin segelas kasih sayang darimu). Baku: I want a glass of affection from you.

Nah, sekarang sudah jelas kan bagaimana penggunaannya dalam percakapan dengan konteks yang tidak baku. Hahaha, what do you think about the examples? Don’t do it without professional handling!

Comment box menanti ocehanmu!

4 thoughts on “Penggunaan Ain’t, Gotta, Gonna, dan Wanna Dalam Bahasa Inggris

  1. Eri Kusumawardhani says:

    Why do you make the examples with the word “my princess” ? hmmm,, nothing else?
    But it’s yours… i don’t care :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s