Verifikasi Dua Lapis, Solusi Kemanan Masa Kini, Benarkah?

How to Secure Accounts

How to Secure Accounts

Beberapa waktu lalu mungkin kita sempat mendengar berita tentang banyaknya foto artis Hollywood yang bertebaran di dunia maya, bukan foto wajar tentunya. Banyak berita mengatakan bahwa hal itu terjadi karena ulah para hacker yang ingin memperkaya diri. Namun, ketahuilah salah satu penyebab jebolnya layanan cloud para artis tersebut adalah kurangnya langkah otentifikasi untuk masuk ke dalam suatu akun. Padahal kita tahu bahwa sistem otentifikasi merupakan tool yang sangat berguna untuk mengenali seseorang yang akan memasuki sebuah akun. Sistem otentifikasi merupakan tameng untuk file-file yang kita miliki di layanan cloud manapun. Bisa dibayangkan jika sistem tersebut jebol sementara kita memiliki banyak dokumen yang kita tidak ingin orang lain mengetahuinya.

Melihat peristiwa di atas, verifikasi dua lapis menjadi satu-satunya pilihan untuk kamu yang sangat bergantung kepada layanan cloud. Selain hal tersebut, verifikasi ganda sangatlah penting untuk kamu yang ceroboh ketika login dari perangkat lain, misal, lupa logout, lupa clear chace, clear history, dan lain sebagainya. Hati-hati, kecerobohanmu bisa dimanfaatkan oleh temen-teman yang superkepo, yang selalu ingin tahu hal-hal yang bukan domain mereka. Tentu sangat keberatan bukan jika dokumen pribadimu ditemukan oleh orang yang tak semestinya? Nah, sekarang contoh verifikasi dua lapis itu apa? Dan bagaimana cara setting-nya?

Sudah ada banyak layanan cloud yang tersedia di jagat internet sekarang ini. Dengan penawaran yang berbeda-beda, mereka mencoba menarik simpati peselancar dunia maya dengan kemudahan operasi yang mereka miliki. Langsung saja, yang belum lama lahir, adalah Google Drive atau lebih familier dengan nama panggilannya, Drive. Sekedar info, banyak pengguna yang merekomendasikan layanan cloud milik raksasa internet yang satu ini. Mengapa? Mungin karena: Drive hanya menggunakan satu akun, yakni akun google yang sudah terintegrasi dengan layanan Google lainnya sehingga pengguna tidak perlu registrasi dengan akun baru untuk masuk ke dalam akun layanan lain. Drive memberikan ruang penyimpanan yang relatif lebih lapang lengkap dengan aneka fiturnya. Drive menyediakan verifikasi dua lapis, dan ini yang akan kita bahas.

Verifikasi dua lapis biasa dilakukan oleh sistem dengan meminta informasi tambahan, yang umumnya bersifat pribadi kepada pengguna yang akan login ke dalam suatu akun. Hal ini meminimalisasi risiko yang mungkin timbul akibat ulah tangan-tangan tak bertanggung jawab. Data pribadi hanya kita yang punya, selama kita tidak menyebarnya. Sehingga, ketika otentifikasi pertama berhasil dijebol dengan modus tertentu, seperti pencurian kata sandi, sistem tidak akan langsung membiarkan pengguna masuk ke dalam sebuah akun. Pengguna baru akan bisa mengakses akunnya ketika permintaan data pribadi dapat terpenuhi. Bagaimana setting verifikasi dua lapis di Drive?

Pertama, klik lingkaran fotomu yang ada di sudut kanan atas akun Google. Maka akan muncul dropdown seperti gambar di bawah ini:

Verifikasi Drive

Verifikasi Dua Lapis Drive

Kedua, klik link Privacy sehingga kamu akan di bawa menuju halaman lanjutan:

Verifikasi Dua Langkah Drive

2-Step Verification

Setelah itu, klik saja link “find out how to set up 2-step verification” dan kamu akan dipandu hingga verifikasi dua langkah itu betul-betul bekerja. Ikuti saja langkah-langkahnya. Nanti kamu akan diminta memasukkan nomor hp yang valid, yang kamu pakai. Karena kepada nomor hp itulah nantinya kode verifikasi kedua akan dikirim, dan tanpa kode itu kamu tidak akan bisa masuk ke akunmu.  Selain nomor utama, kamu akan diminta memasukkan nomor hp yang lain untuk mengantisipasi jika kebetulan nomor hp pertama sedang tidak di tangan.

Setiap login ke akun Google berhasil, kamu akan dikirim sebuah kode verifikasi yang akan menjadi langkah final untuk masuk ke dalam akun tersebut. Jika nomor yang kamu registrasikan hilang, cepatlah perbarui nomor yang hilang dengan nomor yang baru. Jika tidak, dikhawatirkan orang yang menemukan nomor hp yang hilang tadi berkemungkinan memiliki kapasitas untuk menjebol akunmu. Di samping nomor hp, kamu akan diberi pilihan untuk mendownload sebanyak 10 kode acak yang sudah disediakan sistem dimana setiap kode hanya dapat digunakan untuk 1 kali login. Opsi tersebut adalah opsi ke-3 jika 2 nomor pertama yang kamu miliki tidak sedang kamu pegang. Sama, 10 kode acak tersebut jangan sampai jatuh ke tangan orang. Caranya? Simpan saja di aplikasi note di hp kamu, dan buatlah proteksi dengan password untuk mengakses note tersebut.

Kurang lebih seperti itu langkah-langkah untuk mengamankan data pribadi maupun rahasia. Jadi apa simpulannya? Simpulannya adalah, benar bahwa verifikasi dua lapis merupakan hal yang sangat penting di jaman yang sudah serba digital ini. Sebagai solusi keamanan masa kini, verifikasi dua lapis memberikan ketenangan kepada kita kaum pengguna layanan cloud sebagai alternatif penyimpanan yang fleksibel, portabel, dan aksesibel. Lengah sedikit, data pribadi sudah di tangan orang lain. Jika itu orang baik, beruntunglah. Jika itu orang jahat? Tentukan pilihanmu, SEKARANG!

Jangan sungkan untuk sekedar memberikan komentar yang sifatnya membangun maupun berbagi informasi yang berguna untuk kemajuan kita bersama. Semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s