“Mohon Maaf Siaran Terganggu Oleh Sun Outage”, Apa Itu?

Sun Outage

SUN OUTAGE MENYEBABKAN TRANSMISI SALURAN TELEVISI MAUPUN INTERNET MENGALAMI GANGGUAN, ADAKAH TEKNOLOGI YANG BISA MENGATASI?

Beberapa hari terakhir ini sejumlah stasiun televisi serta provider internet mengalami gangguan transmisi data. Para pengguna sempat merasa kecewa dengan keadaan ini, namun tidak lama kemudian mulai maklum setelah muncul pemberitahuan di layar kaca. Ternyata ada sebuah fenomena alam Sun Outage yang diyakini sebagai penyebab gangguan tersebut. Lalu apa itu Sun Outage dan apa korelasinya dengan sinyal yang dipancarkan oleh satelit kita? 

Sun outage atau yang juga bisa disebut gerhana satelit, pemadaman matahari, matahari transit atau matahari pudar adalah sebuah kondisi di mana matahari – satelit – bumi berada tepat pada satu garis lurus. Korelasinya dengan gangguan transmisi seperti ini: ketika satelit geostasioner memancarkan kembali sinyal kepada penerima (receiver) di bumi, pada saat yang bersamaan, Matahari dengan energi thermal yang begitu besar turut intervensi terhadap pancaran sinyal tersebut. Akibatnya, transmisi yang kalah kuat  pun terganggu.

Sudahkah ada teknologi yang bisa mengantisipasi Sun Outage? Hingga kini sudah banyak teknologi protokol yang dikembangkan untuk mengatasi fenomena penyebab gangguan transmisi ini. Salah satunya menggunakan Forward Error Correction yang meminimalisasi besarnya pengiriman ulang dari satelit geostasioner kepada penerima di bumi. Namun hingga kini belum juga mampu mengamankan transmisi satelit ke bumi.

Tambahan informasi saja bahwa satelit yang mengorbit secara geostasioner pada garis orbitgeosynchronous berada di garis ekuator atau katulistiwa, tepatnya di ketinggian 36.000 km di atas permukaan bumi. Tugas satelit ini adalah memancarkan kembali data yang sebelumnya dipancarkan kepadanya untuk diterima oleh banyak penerima, seperti kita yang sedang nonton televisi maupun berselancar di internet, lalu berlagak kecewa.

Tenang saja, gangguan ini hanya berlangsung selama 1-2 jam (umumnya) untuk 1-2 hari dan 1-2 kali dalam satu tahun. Tapi mari kita lihat seberapa hebat inovasi produsen untuk menangani gejolak transmisi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s