Mengatasi Problem Modem Smartfren AC682 UI

Hallo sobat netter! Apakabar semuanya? Sehat? Kalau gitu mana suaranyaaa…!!

Ok sudah cukup lebay, mari kita langsung ke inti permasalahan mengapa kamu bisa terdampar pada tulisan berjudul “Mengatasi Problem Modem Smartfren AC682 UI“.

Kalau kamu betul-betul seorang ekonomis netter (netter kere), pasti tidak asing dengan modem yang satu ini. Beragam buntut permasalahan mulai timbul ketika kamu sudah terbius dengan sekelumit kelebihan modem besutan SmartTelecom yang satu ini. Di samping harganya yang sangat murah, banyak kabar burung (nggak termasuk burungku) juga mengatakan kecepatannya cukup luwes. Luwes artinya, ya begitulah..hehe. Ditambah lagi tampilan modem ini super tipis, dengan paduan warna body yang sangat menggairahkan.

Lalu apa permasalahan utama yang sering dirasa oleh konsumen modem ini? Permasalahan utamanya ada pada suhu modem yang sangat cepat panas. Memang sepintas tidak terlihat seperti hal yang serius, “ya wajar kalau modem cepat panas, kan kecepatan tinggi”. Namun sudikah kamu merunut setitik masalah tersebut untuk lebih jauh ke masa yang akan datang (misal 50 menit yang akan datang). Percayalah, akan banyak sekali hal menjengkelkan yang menyelimuti hari-harimu berselancar di dunia maya. Sangat mengganggu.

Pertama, modem yang cepat panas dapat berakibat pada rusaknya komponen modem itu sendiri sehingga modem bisa cepat rusak. Kedua, panas tingkat tinggi yang menjangkit si modem berpotensi menurunkan kecepatan transmisi data. Ketiga, dalam kondisi yang sangat panas, selain memungkinkan body modem itu meleleh, juga dapat menyebabkan modem memutuskan koneksi internet secara otomatis. Jika sudah demikian, kamu harus mencopot modem tersebut untuk kemudian dicelupkan ke dalam air supaya cepat dingin (hehe bercanda!). Pokoknya apapun caranya, yang penting modem itu cepat dingin supaya bisa dipakai lagi untuk berselancar di internet.

Sangat merepotkan bukan? Bagaimana jika kamu sedang mendownload sebuah file berukuran cukup fantastis di mana proses download tersebut tidak memungkinkan pause dan resume? Pusing kan?

Kalau memang kamu pusing gara-gara masalah yang kamu hadapi persis seperti yang aku ceritakan, maka inilah saatnya berubah! Singkirkan segala obat sakit kepala yang sering kamu teguk hanya karena masalah modem! Singkirkan sekarang juga!

Sudah disingkirkan?

Sekian lama aku bermanuver di situs-situs netter kere demi mendapatkan secercah harapan untuk mengembalikan performa modem tanpa harus cabut-colok modem secara terus-menerus. Kalau seperti itu yang enak modemnya, usernya nggak kecipratan enak! Tapi apa yang kudapat? Nothing! Yang aku dapatkan hanyalah sebingkai atau bahkan berbingkai-bingkai gambar konyol yang malah membuatku salto 5 kali demi menahan ketawa! Bayangkan, ada modem ditindih besi, modem ditindih kipas angin, modem dikempit pendingin yang ukurannya lebih besar dari laptopnya, dan masih banyak lagi.

Nah, penemuanku ini sedikit berbeda dan timbul dari ide yang sebenarnya juga sama-sama konyol. Melihat gambar-gambar yang tadi aku sebut, aku sempat berpikir, kenapa nggak modem ditindih pakai galon air aja ya. . .

Beberapa detik kemudian . . . , *TING!!! (gambar lampu pijar)

Aku menemukan sebuah cara yang lebih simpel! Apa saja yang dibutuhkan?

1. Plastik 1/4 kilo – 1 lembar saja, harus diletakkan di atas lantai

Plastik 1/4 Kiloan

Plastik 1/4 Kiloan

2. Keran air yang bisa mengalirkan air dan bentuknya harus seperti topi alay

Keran Air Antik

Keran Air Antik

Kok aneh-aneh ya, produknya seperti apa sih?

Tenang aja, produknya juga aneh kok . . .

Produk Pendingin Smartfren

Produk Pendingin Smartfren

Jangan lupa, harus dipegang pakai tangan kiri. Supaya bisa difoto, hehe. Oh iya, kalau sudah mendapatkan produknya, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Ayo tebak, kira-kira diapakan! Ok..ok, mungkin kamu sudah tidak sabar lagi, aku ngerti banget kok. Ini dia:

Penggunaan Pendingin Smartfren

Penggunaan Pendingin Smartfren

Mungkin ada yang mengatakan, “kok tampilannya sama konyolnya dengan yang diceritakan sebelumnya ya?”. Jawabnya, “masa sih?”. Jadi begitu ya, air suci yang sudah dibungkus dengan plastik 1/4 kiloan tadi diletakkan di atas modem.

Ingatkah kamu kalau air punya sifat seperti ini: semakin tinggi suhu maka semakin ringan beratnya, sehingga akan selalu berputar dan bertukar tempat dengan yang suhunya lebih rendah. Oleh sebab itu, lapisan air paling bawah adalah yang suhunya lebih rendah, itulah yang berfungsi mendinginkan modem kita. Lebih tahan lama jika dibandingkan menggunakan besi atau kipas. Sampai mata kamu belekan, mungkin air ini masih belum mendidih. Percaya deh!

Menurut pengalaman (uji coba) yang sudah aku lakukan, metode ini tidak mengganggu sinyal modem sama sekali. Untuk mengecek apakah mengganggu koneksi modem atau tidak, silakan jalankan run (tombol windows + R), ketikkan “cmd” di kolomnya, lalu klik “ok” sehingga muncul kotak hitam yang bisa diisi tulisan. Ketikkan “ping google -t -l 1” tanpa tanda petik, lalu tekan enter. Maka akan muncul tulisan seperti pada gambar di bawah ini. Ini juga bukti bahwa pendingin tersebut tidak mengganggu kinerja modem dalam mencari sinyal:

Koneksi Smartfren Tetap Jalan

Koneksi Smartfren Tetap Jalan

Tanda kalau koneksinya terganggu adalah munculnya tulisan “request time out” atau lebih terkenal di kalangan netter kere dengan singkatan RTO. Kalau memang terganggu, silakan geser-geser pendingin tersebut jangan sampai menutupi pemancar sinyal modem.

Nah, masalah kemudian timbul, bagaimana jika airnya sudah mendidih? Tentu saja bisa dipakai untuk membuatkan kopi atau teh hangat untuk ayah. Tapi sebaiknya jangan, karena nggak sebegitunya juga kali.. Kalau airnya sudah hangat, yang harus dilakukan selanjutnya adalah: MENDINGINKANNYA!

Tapi, bagaimana caranya? Mungkin gambar di bawah ini adalah gambar terakhir yang akan memberikan penjelasan terakhir pula untuk tutorial yang sangat keren ini. Monggo..

Mendinginkan Pendingin Smartfren

Mendinginkan Pendingin Smartfren

Gambar apaan tuh?

8 thoughts on “Mengatasi Problem Modem Smartfren AC682 UI

  1. computer games cricket says:

    Hey there would you mind letting me know which web host you’re using? I’ve
    loaded your blog in 3 different web browsers and I must say this blog loads a lot faster then most.
    Can you recommend a good web hosting provider at a honest
    price? Thanks, I appreciate it!

  2. ahmad says:

    anda ingin tau cara mempercepat koneksi smartfren?
    saya akan beri tau kepada anda caranya gratis.tingal kirim twitter ke:@muhamadyazidbus
    jangan lupa cantumkan gmail/yaho/hotmail/dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s